Posted by : Hilmi Jan 13, 2013

Cara Menghapus Widget yang Terkunci - Pernahkan sobat menemukan widget yang tidak bisa dihapus ataupun yang tidak bisa dipindahkan? Widget ini dinamakan widget yang terkunci. Saya pernah mengalami hal seperti ini, kejadian seperti ini terjadi karena terlalu sering mengganti template. Nah, bagaimana cara membuka widget tersebut? Silahkan simak langkah-langkah di bawah ini.
  1. Masuk ke akun blogger > tata letak.
  2. Tentukan widget yang terkunci yang sobat ingin hapus. Misalnya, “Popular Posts”.
  3. Klik edit pada widget tersebut.
  4. Maximize jendela konfigurasi widget tersebut.
  5. Perhatikan address bar dari jendela konfigurasi, kemudian cari tahu apa nama widget id dari widget yang dimaksud. Dalam contoh ini, widget id dari gadget tersebut adalah PopularPosts1.

    Widget ID

  6. Copy widget id tersebut.
  7. Buka template > edit html, centang expand template widget..
  8. Cari kode yang  sudah dicopy tadi.
  9. Selanjutnya akan ketemu kode dari widget tersebut yaitu seperti di bawah ini.
    <b:widget id="PopularPosts1"locked="true"title="Popular Posts" type="PopularPosts"></b:widget>
  10. Perhatikan kode locked="true", kemudian ganti kata "true" dengan kata "false" sehingga hasilnya menjadi seperti di bawah ini.
    <b:widget id="PopularPosts1"locked="false"title="Popular Posts" type="PopularPosts"></b:widget>
  11. Klik tombol "Simpan template".
  12. Masuk lagi ke halaman "Tata Letak".
  13. Klik "Edit" pada widget tersebut.
  14. Sekarang tombol "Hapus" sudah ada pada jendela konfigurasi widget yang terkunci tadi.
  15. Klik tombol "Hapus" untuk menghapus widget tersebut.

{ 18 komentar... read them below or Comment }

  1. terimakasih mas atas artikelnya, izin saya coba ya : ) salam kenal

    ReplyDelete
  2. mas sudah saya coba tapi, kok semuanya False aja ya ? soalnya gini saya kan pake widget Linkwithin sama Addthis, saya pengen menghapus semuanya tapi, setelah saya coba hapus via edit html dan di widget, masih ada mas, gak hilang-hilang juga widgetnya, kok bisa gitu ya ?

    ReplyDelete
  3. ok bang makasih,,, jangan lupa mampir keu blog saya riefzkios.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Terimakasih tutorialnya
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Terima kasih bnget mas bro...
    Sangat bermanfaat.. :D

    ReplyDelete
  6. makasih tutorial nya,sangat membantu nih :)

    folow back yah masbro

    Andyaruner.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. thanks infonya...
    http://www.tegartekajeblog.co.vu/

    ReplyDelete
  8. Ternyata memang banyak banget gan yang harus dihapus.

    Cara saya, yang mau saya hapus, kalau disitu tertulis false saya ganti true, kalau yang di situ tertulis true saya ganti false. Lalu saya SAVE. Setelah disave saya hapus. Jika muncul eror, saya ulangi, ada bagian lain yang ikut saya hapus. Dan sekarang semuanya yang menjengkelkan itu minggat.

    Makasih infonya ya gan.

    ReplyDelete
  9. tidak muncul tanda hapusss . jadi g mana ?

    ReplyDelete
  10. punyaku juga kaya gitu mas, linkwithin gak bisa di hapus, gimana ya itu. mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamatnya mas, http://www.info-tekh.com/ , ini abis di ubah templatenya.

      Delete
    2. dari semua langkah di atas apakah ada yang tidak bisa dilakukan? kalo tidak ada, mungkin widget tersebut hanya menggunakan javascript, jadi coba hapus javascript nya

      Delete
  11. sudah saya coba mas alhamdulilah widgetnya bisa kehapus thanks ya mas :)

    ReplyDelete
  12. thanks untuk info yang kerennya mas... kebetulan blog saya ada widget yang terkunci...

    ReplyDelete
  13. Nice info gan sudah ane coba di blog ane alhamdulilah berhasil...

    ReplyDelete
  14. Artikel yang sangat membantu gan. ditunggu kunbal nya

    http://4plikas1.blogspot.co.id

    ReplyDelete

>
<

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

- Copyright © 2014 Hilmi's Blog - DJogzs - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -