Posted by : Hilmi Jun 10, 2013

Cara Mengedit Tema Nokia dan Sony Ericsson Java - Sobat suka mendownload tema ataupun mengoleksinya? Ya, karena tema dapat memperindah tampilan ponsel sobat. Pernahkah sobat menginginkan sebuah tema dibayangkan tapi tidak mendapatkannya, atau mungkin sobat sudah menemukannya namun masih ada sedikit yang kurang. Kalau begitu sebaiknya kita coba membuat tema sendiri.

Sebenarnya kalau dibilang membuat kurang pas, karena kita sebenarnya hanya mengubah tema yang telah dibuat orang, lebih tepatnya kita sebut mengedit. Pada postingan kali ini saya membagikan cara mengedit tema dengan bantuan aplikasi yang digunakan di hp, yaitu Blue FTP. Download BlueFTP di sini. Selanjutnya ikuti langkah-langkahnya.

  1. Siapkan tema yang akan diedit, kemdian buka BlueFTP.
  2. Buka tema di tempat dimana sobat menyimpannya, lalu pilih Menu>Select All. Semua file yang ada pada tema akan terpilih. Setelah itu pilih Menu>Extract Selected Items.
  3. Buat folder tempat file yang diextract akan disimpan. Masuk ke folder tersebut kemudian pilih Menu>Extract Items Here. Sekarang sobat bisa mulai mengedit temanya.
  4. Keluar dari BlueFTP.
  5. Sobat bisa mengedit tema yang diextract pada folder baru yang sobat buat tadi. Saran saya, akan lebih mudah untuk mengedit dan mengganti gambarnya dengan menggunakan PC. Bahkan di PC sobat bisa mengedit file XML yang ada pada folder tempat tema di extract.
  6. Setelah selesai mengedit, masuk kembali ke BlueFTP. Buka folder baru tadi, pilih Menu>Select All. Setelah itu pilih Menu>Compress Items (.nth) untuk Nokia, Compress Items (.thm) untuk Sony Ericsson.
  7. Pilih tipe kompresi sesuai keinginan, saran saya gunakan yang recommended. Tunggu prosesnya sampai selesai.
*Catatan: Bila sobat mengganti file gambar yang ada pada folder, nama dan format file gambar pengganti harus sesuai dengan yang akan diganti. Tapi jika berbeda, sobat bisa mengubahnya dengan menggunakan BlueFTP dengan memilih file dan memilih Menu>Rename Item.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

>
<

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

- Copyright © 2014 Hilmi's Blog - DJogzs - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -